Minggu, 20 Mei 2012

KESEHATAN


3 Gejala Sakit Kepala yang Tak Bisa Diabaikan Sebagai Sakit Serius

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth


img
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Beberapa jenis sakit kepala membuat kita berpikir kondisi itu biasa saja dan tidaklah mematikan. Namun sakit kepala tertentu yang rasanya parah dapat memberikan sinyal sesuatu yang jauh lebih serius dan membutuhkan perhatian serius seperti stroke, aneurisma dan meningitis.

Kondisi seperti ini jarang terjadi namun akan lebih baik jika kita memperhatikan sakit kepala yang terasa berbeda dari biasanya.

Agar Anda tidak terus menyepelekan sakit kepala Anda, berikut ini 3 gejala sakit kepala yang perlu diwaspadai seperti dilansir dari Health.com, Senin (21/5/2012):

1. Nyeri Leher dan Demam

Leher yang kaku dan demam bisa jadi salah satu gejala meningitis. Meningitis merupakan peradangan pada membran di seputaran sistem saraf pusat dan kondisi tersebut bisa menjadi kritis dalam waktu singkat.

2. Mual

Mual parah atau muntah dan berbagai gejala neuro-deficit atau abnormalitas pada tubuh akibat penurunan fungsi otak (seperti sulit berbicara atau berjalan) bisa jadi merupakan tanda hemorrhagic stroke. Stroke ini terjadi akibat pembuluh darah di dalam otak pecah.

3. Sakit Kepala Terburuk yang pernah Anda Rasakan

"Yang pertama harus kita waspadai adalah ketika seseorang mengklaim mengalami 'sakit kepala terburuk dalam hidupnya'," ujar Adam Wilkes, MD, seorang spesialis ER di Lankenau Hospital, Wynnewood, Pa.

Hal ini bisa berarti pasien tersebut mengalami aneurisma, dimulai dengan adanya kebocoran sedikit darah dalam otak yang lama-lama bisa bertambah dan mengancam nyawa.

Jika Anda mengalami ketiga gejala sakit kepala seperti di atas, pergilah ke IGD dan mintalah dokter untuk melakukan CT scan yang dapat mengungkapkan masalah yang mungkin terjadi pada kepala Anda.

Sumber :DetikHealt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar